Wisata Sukabumi Dengan Segudang Pesonanya

Ya, kali ini mimin mau bahas tentang Sukabumi. Pesona alam Sukabumi yang akan membuat kalian tercengang dan ingin segera berwisata kesana.
Menurut mimin, tidak ada alasan untuk kamu melewatkan daerah yang satu ini dengan alasan “tidak tertarik”, karena pesona alam disana teramat indah untuk sekedar menjadi sebuah artikel dan wajib anda kunjungi.
Berikut ini serangkaian lokasi wisata indah di Sukabumi yang berhasil mimin rangkum.

Lokasi Wisata Yang Paling Instagramable di Sukabumi

Kemanapun kita pergi ke sebuah tempat wisata, ingin rasanya diabadikan dan dibagikan ke akun sosial media salah satunya instagram. Nah berikut ini lokasi seru yang dimiliki warga Sukabumi yang bisa kamu bagikan di instagram kamu.

Jembatan Gantung Situ Gunung

wisata Sukabumi
Jembatan Gantung Situ Gunung

 

Jembatan Gantung Situ Gunung adalah jembatan yang cukup fenomenal di antara wisata Sukabumi. Jembatan di Sukabumi ini masih satu lokasi dengan Curug Sawer di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resor Situ Gunung. Panjangnya sekitar 240 meter, jembatan gantung ini diklaim menjadi yang terpanjang di Asia.

Kamu yang pengin masuk ke sini harus membayar tiket masuk sekitar Rp18 ribu per orang. Pastikan kamu mengenakan alas kaki yang tepat, karena sepanjang perjalanan, kamu akan melewati jalan setapak berbatuan.

Curug Cimarinjung

wisata sukabumi
Curug Cimarinjung

Curug yang sering di-repost akun wisata di Instagram ini berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru. Meskipun lokasinya cukup tersembunyi, akses menuju Curug Cimarinjung termasuk mudah untuk melengkapi daftar wisata di Sukabumi.

Sebelum melihat air terjun setinggi 100 meter ini, kamu akan dimanjakan dengan panorama aliran sungai dan hutan di sekitarnya. Selain Cimarinjung, terdapat dua curug lainnya bernama Dogdog dan Nyelempet.

Pantai Cicaladi

wisata sukabumi
Pantai Cicaladi

Terakhir, ada Pantai Cicaladi atau Karang Bolong yang terletak di Desa Sukatani. Daya tarik tempat ini adalah adanya ombak besar yang sesekali menghantam tebing karang. Hati-hati saat melihatnya, karena getarannya bisa terasa di tempatmu berdiri.

Sore hari merupakan waktu terbaik berkunjung ke sini. Selain kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam, air lautnya juga sedang surut. Kamu bisa memiliki tempat baru untuk bermain di pinggir pantai hingga 21.00.

Itulah keindahan tempat wisata di Sukabumi terbaru yang instagramable dan bisa kamu datangi. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi?

Intip Konservasi Penyu Yang Sekaligus Tempat Wisata Edukasi

wisata sukabumi
Konservasi Penyu 1

Konservasi Penyu Ujung Genteng yang juga merupakan wisata edukasi Sukabumi sering mengadakan melepas ribuan penyu setelah dikarantina lalu dilepasliarkan. Lokasinya di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Ujung Genteng, Sukabumi. Tempat ini menjadi salah satu pilihan wisata edukasi di Kawasan Geopark Ciletuh. Hanya mengeluarkan uang Rp 10.000, pengunjung bisa ikut melepaskan tukik anak penyu ke laut.

Setiap hari hari ratusan tukik dilepaskan pada pukul 17.30 wib agar kondisi suhu tidak terlalu panas. Tukik hijau sangat dijaga kelestariannya, karena bisa menjaga ekosistem di laut. Jumlah tukik yang dilepaskan tergantung telur yang diinkubasi. Lalu, ditimbang beratnya berapa, dirawat, dan inkubasi selama satu hari. Sore harinya, akan dilepaskan ke laut. Tukik yang dilepaskan bisa mencapai 700 ekor jika memasuki musim bertelur.

Penangkaran penyu di Pangumbahan termasuk yang terbaik di Indonesia yang termasuk kawasan Geopark Ciletuh yang telah diakui UNESCO. Pelestarian penyu menjadi sangat penting untuk menjaga kelestariannya. Wisatawan diajak untuk melepas penyu setiap hari.

Datang melihat dari dekat tempat konservasi penyu di Pantai Pangumbahan dapat menjadi alternatif pilihan destinasi bagi wisatawan. Selain itu, Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng Sukabumi ini dikenal memiliki pasir putih yang menjadi tempat favorit instagramable. Sehingga, banyak wisatawan yang mengambil foto-foto sembari menanti senja.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke sana, jangan sampai terlewat momen pelepasan anak penyu yang selalu dilakukan pada sore hari. Pengunjung bisa melihat tukit berlari kecil ketika dilepaskan ke lauat. Senja di Pantai Pangumbahan membuat suasana semakin menarik.

Pengelola akan membawa penyu di wadah dan meletakkan di pasir pantai dengan posisi berbaris memanjang. Tukik akan tampak berlarian ke arah laut seolah tahu dimana habitat mereka sebenarnya. Menurut cerita masyarakat di sana, kelak penyu akan kembali puluhan tahun kemudian ke Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng.
Pengunjung sebaiknya datang ke pusat konservasi penyu untuk menyaksikan pelepasan tukit sekitar bulan Juli hingga bulan Desember. Kabarnya bulan November menjadi waktu terbaik untuk datang ke sana, karena cuaca lebih panas menjadi musim penyu bertelur.

Ingat jangan coba-coba mengganggu penyu yang sedang bertelur, apalagi mengambil untuk dimakan. Pihak penangkaran juga memberi imbauan tidak boleh menyentuh penyu yang sedang di lepas di sana.

Pantai Ujung Genteng Menjadi Tempat Penyu Bertelur

wisata sukabumi
Konservasi Penyu

Tahukah kawan, Pantai Ujung Genteng menjadi tempat penyu bertelur. Untuk menjaga penyu tersebut, para petugas sering berjaga di penangkaran jam tujuh malam hingga jam empat pagi. Penyu bertelur biasanya memakan waktu sekitar satu sampai dua jam.

Penyu akan pergi ke pantai, menggali lubang, bertelur, dan lubang ditutup kembali. Lalu, sang induk akan pulang kembali ke laut melalui rute berbeda dari kedatangan. Tujuannya untuk menghindari predator agar tidak menemukan teluarnya.

Ketika melihat telur, ingat jangan mengeluarkan suara dan menyalakan lampu. Karena penyu sensitif terkena suara dan cahaya. Apabila suasana berisik, penyu akan terganggu sehingga proses bertelur bisa tidak jadi.

Selamat menikmati wisata di Sukabumi guys !