Berwisata Di Tengah Hiruk Pikuk Kota Jakarta

Jakarta juga punya sudut – sudut segar untuk sekedar mengistirahatkan mata dan meredakan keringat anda dengan menikmati beberapa lokasi wisata. Baik wisata yang cocok untuk keluarga, atau untuk menambah wawasan kebangsaan, hingga lokasi wisata yang juga cocok untuk sendiran dan menghela nafas sebentar.

Intensitas roda perekonomian yang tinggi, dan berbagai tekanan persaingan yang terasa tiada henti bisa dirasakan oleh para warga lokal hingga warga pendatang dari luar daerah yang turut merasakan hiruk pikuknya kota Jakarta. Kota metropolitan memang terkesan sumpek dan penuh kepenatan.

Untuk melepas penat sejenak, mimin mau ajak para pembaca nyalakanindonesia.com untuk melipir sedikit membahas rencana akhir pekan anda untuk berwisata di tengah hiruk pikuk kota Jakarta.

Tidak kalah juga, kini Jakarta punya spot – spot wisata yang instagramable. Baik di sebuah kawasan wisata, maupun di sudut – sudut kota.

Yuk simak liputannya..

Berburu Lokasi Wisata Jakarta Instagramable

Bagi kaum rebahan, jangankan untuk berwisata, untuk mengambil sesendok nasi ke dapur saja belum tentu berminat. Eitss,, tapi untuk berada di lokasi wisata Jakarta yang instagramable kini tidak butuh waktu lama kok. Dan pastinya akan sangat rugi jika tidak kamu abadikan dan unggah di akun instagram kamu lho.

Berikut ini daftar lokasi wisata yang bisa maramaikan laman instagram kamu.

Kawasan Kota Tua Jakarta

Kawasan-Kota-Tua-Jakarta

Ingin menikmati Jakarta dengan vibes tempo dulu? Datanglah ke sekeliling area Kota Tua Jakarta dan rasakan nuansa jadul Kota Jakarta tanpa perlu merogoh kocek sedikitpun alias gratis.

Banyak sekali fasilitas menarik lain di tempat wisata Jakarta kota ini, seperti museum, cafe, dan lain-lain.

Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta-Aquarium-Safari

Seperti namanya, di sini Anda dapat menikmati wisata edukasi fauna akuatik dan nonakuatik, bahkan berkesempatan untuk berinteraksi langsung! Tempat ini berkolaborasi dengan Aquaria KLCC, Malaysia.

JAQS buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB dengan batas kunjungan terakhir pukul 20.00 WIB. Hanya dengan Rp142.500,00 untuk tiket dewasa reguler, Anda sudah bisa masuk dan menikmati wisata Jakarta aquarium ini.

SeaWorld Ancol

Sea-World-Ancol

Lagi-lagi, tempat ini merupakan salah satu destinasi yang disediakan oleh Ancol. Di sini, Anda bisa menikmati fauna bahari yang beragam dan memanjakan mata. Selain menambah pengetahuan, Anda pun bisa mengambil banyak foto ciamik di berbagai sudut tempat ini.

Sea World Ancol buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp115.000,00 saja.

Pulau Bidadari

Pulau-Bidadari

Pulau Bidadari terletak di lokasi paling dekat dengan ibukota, yaitu sekitar 20 menit dari dermaga Marina Ancol. Ada spot ikonik di sini, yaitu Benteng Martello. Anda dapat merasakan sensasi liburan di pulau yang nyaman dan privat di pulau ini.

Unik : Tempat Wisata Jakarta Yang Wajib Dikunjungi

Wisata apa ya kira – kira yang unik di Jakarta? Ada sangat banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi, namun ada tempat wisata unik di Jakarta yang menurut mimin wajib banget kamu kunjungi. Seunik apa sih? Yuk kita jelajahi.

Kelenteng Jin De Yuan Jakarta

Kelenteng-Jin-De-Yuan

Kelenteng Kim Tek Le, atau yang lebih dikenal dengan Kelenteng Jin De Yuan, sudah dibangun sejak 1650. Kelenteng yang disebut-sebut sebagai yang tertua di Jakarta ini didirikan oleh seorang Letnan Tionghoa, Kwee Hoen dan awalnya dinamakan Koan Im Teng.

Jin De Yuan juga dikenal sebagai salah satu dari empat kelenteng besar yang dikelola oleh Kong Koan atau Dewan Tionghoa. Mereka adalah Kelenteng Goenoeng Sari, Kelenteng Toa Peh Kong, Kelenteng Jin De yuan sendiri, dan Kelenteng Hian Thian Shang di Tanah Tandjoeng yang kini sudah musnah.

Di depan kelenteng, pengunjung akan disuguhi pemandangan sepasang singa atau bao gu shi. Mereka ini dianggap sebagai penunggu kelenteng dari abad ke-18 yang berasal dari Provinsi Kwangtung, Tiongkok Selatan.

Pastinya kelenteng ini akan membawamu ke dimensi jaman dinasti kekaisaran China yang saat itu begitu lekat dengan perdagangan Indonesia.

Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk

Taman-Wisata-Mangrove-Angke-Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pepohonan mangrove. Surga hijau seluas 99,82 hektar ini terletak di kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan elit Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara. Lokasinya cukup mudah dijangkau dengan transportasi umum. 

Seperti yang semua orang tahu, kawasan konservasi sangat dibutuhkan di Jakarta. Hal ini disebabkan karena ibu kota Indonesia ini sangat kekurangan akan lahan hijau terbuka, memiliki tingkat polusi udara yang cukup tinggi, serta mulai mengalami erosi dan abrasi garis pantai.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan kawasan konservasi alam mangrove yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Apalagi, yang tak kalah pentingnya adalah fungsinya sebagai tempat habitat dan naungan bagi beberapa jenis satwa liar.

Tidak hanya untuk wisata, hutan mangrove juga mampu meredam gelombang besar termasuk tsunami dan dapat menyerap karbondioksida 5 kali lebih banyak daripada hutan tropis di dataran tinggi yang tentunya sangat penting untuk Jakarta.

Kampung Betawi

Kampung-Betawi

Bagi kamu yang ingin liburan di spot tersembunyi Jakarta sekaligus mendapatkan edukasi soal budaya Jakarta, kamu wajib mengunjungi tempat wisata Kampung Betawi yang berada di Jakarta Selatan.

Kampung Betawi ini sendiri merupakan aset berharga yang dimiliki oleh Jakarta. Pasalnya, melalui kampung inilah, kelestarian budaya Jakarta khususnya Betawi masih bisa dipertahakan di tengah gempuran budaya asing.

Tak heran jika kamu bisa melihat langsung rumah-rumah yang masih menganut gaya Betawi. Selain rumah khas Betawi, kamu pun bisa menjumpai aktivitas sehari-hari masyarakat Betawi seperti latihan pukul dan lainnya sebagainya.

Rumah Akar

Rumah-Akar

Berbicara soal tempat wisata Jakarta, salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi adalah Kota Tua. Dari beberapa destinasi wisata di Kota Tua, ada baiknya kamu menyempatkan diri ke Rumah Akar.

Spot tersembunyi Jakarta ini dipenuhi oleh rambatan akar yang terlihat dari luar dan dalam bangunan. Lokasinya berada di Jalan Kali Besar atau lebih tepatnya berada di belakang Museum Wayang.

Walaupun termasuk lokasi anger di Kawasan Kota Tua, banyak orang yang berdatangan untuk berfoto di bangunan yang dulunya berfungsi sebagai kantor perniagaan pada zaman penjajahan Belanda.

Intip Wisata Malam di Jakarta : Diluar Dugaan

Bicara kehidupan malam di Jakarta, sebagian dari kita akan langsung berpikir ke maraknya hiburan malam seperti diskotik atau club house, karaoke plus plus, bar, atau pub yang kian menjamur di kota metropolitan yang satu ini.

Yuk mengenal ibu kota negara kita dari sisi yang berbeda.

Mimin punya rekomendasi wisata malam di Jakarta yang tidak kalah menyenangkan dari hiburan – hiburan malam. Selain low budget, wisata malam yang akan kita bahas kali ini juga sangat ramah anak. Sehingga justru akan dapat meningkatkan kedekatan kita dengan keluarga.

Pasar Baru

Pasar-Baru

Setelah pulang kerja kamu pasti merasa lapar dan mulai mempertimbangkan ingin makan apa dan dimana. Tempat yang satu ini cocok untuk kamu pilih. Sebab disini kamu bisa mencicipi beranekaragam kuliner di Pasar Baru bersama teman kantor. Dengan duduk bersantai menikmati secangkir kopi tentunya membuat santai otot ototmu yang semula tegang dan dipakai bekerja seharian.

Di sini kamu akan menemukan banyak tempat kuliner yang layak untuk dicoba. Mulai dari Bakmi Gang Kelinci, Bakmi A Boen, hingga toge goreng. Harga yang ditawarkan bervariasi. Mulai dari Rp40.000,- hingga Rp100.000,-. Satu lagi yang unik, kenyataannya Pasar Baru merupakan tempat favorit untuk para fotografer.

Sebab mereka bukan hanya bisa memotret kegiatan warga di malam hari, namun untuk melihat-lihat berbagai macam jenis kamera, termasuk kamera analog. Menarik juga.

Taman Ismail Marzuki

Taman-Ismail-Marzuki

Akhir-akhir ini tempat ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat malam hari. Loh kenapa, ya karena disini kamu akan bisa menemukan banyak sekali karangan bunga untuk Pak Ahok. Terus? Disebabkan banyaknya karangan bunga disini, membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi hanya untuk berfoto narsis dengan karangan bunga yang bertulisan kata-kata lucu disini. Rupanya Pak Ahok bisa membuat destinasi wisata juga, ya.

Taman Situ Lembang

Taman-Situ-Lembang

Taman ini merupakan salah satu taman tertua yang ada di Jakarta. Letaknya memang sedikit tersembunyi, yakni di tengah-tengah daerah perumahan elit Menteng (Jl. Teuku Umar dan sekitarnya).  

Seperti namanya, situ yang berarti danau, di Taman Situ Lembang ini ada sebuah danau kecil. Sumber air danau ini benar-benar alami, jadi Situ Lembang bukanlah sebuah danau buatan. Jam operasionalnya yaitu setiap hari, 24 jam nontstop.

Masih banyak spot – spot wisata malam yang menyenangkan di Jakarta, tapi berhubung ada banyak kategori wisata Jakarta yang ingin mimin bahas, maka kita lanjut jelajahnya yuk.

Deret Wisata Terbaru Paling Hits di Jakarta

Tahukah tempe bahwa kini Jakarta punya wisata terbaru yang sedang banyak digandrungi anak muda?

Nah kita sudah ada di puncak teratas pencarian nih guys. Kalian pasti tunggu – tunggu banget ulasan yang viral – viral.

Segala sesuatu yang viral dan terbaru memang sering bermula di ibu kota, namun untuk hal ruang wisata, Jakarta memang membutuhkan kerja keras lagi untuk meningkatkan kualitas penyegaran untuk masyarakat.

Apa aja ya tempat wisata yang lagi hits di Jakarta !

Modern and Contemporary Art in Nusantara (Macan)

Modern-and-Contemporary-Art-in-Nusantara-Macan

Keberadaan Museum satu ini masih terbilang baru dan menjadi salah satu tujuan wisata yang hits. Karena di museum ini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai kaya seni yang memanjakan mata. Baik yang modern maupun karya seni kontemporer dengan kualitas Internasional.

Menariknya lagi pameran di museum Macan biasanya akan berlangsung dalam waktu 2 hingga 5 bulan saja. Sehingga Anda harus memantau jadwal pameran sebelum berkunjung.

Lokasi: Jl. Perjuangan No.5, RW.10, Kebon Jeruk, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat.

TeamLab Future Park Jakarta

Team-Lab-Future-Park-Jakarta

TeamLab Future Park bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang terbilang baru di Kota Jakarta. Para wisatawan juga sangat mengandrungi tempat wisata satu ini sebab menawarkan karya seni yang luar biasa. Di dalam TeamLab memang memiliki galeri seni, museum modern dan juga berbagai instalasi yang keren.

Untuk mengeksplor museum ini Anda akan diberikan waktu sekitar 90 menitan. Dan dipastikan akan takjub dengan berbagai seni yang berkualitas Internasional.

Lokasi: RT.10/RW.6, Gandaria City, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

De Sartika

De-Sartika

Jika Anda ingin merasakan bagaimana rasanya menaiki kapal phinisi, Anda bisa mengunjungi De Sartika. Tempat satu ini menawarkan pengalaman untuk naik kapal pinisi yang bisa dikatakan pertama kali ada di Jakarta. Menariknya lagi kapal pinisinya didatangkan langsung dari Makassar yang merupakan buatan suku Bugis. Kapal pinisi ini mampu menampung hingga 150 orang dan terbagi menjadi empat area di dalam kapal yang bisa Anda eksplore.

Untuk bisa menaiki kapal ini, Anda harus mengunjungi dermaga pluit terlebih dahulu. Barulah nanti Anda akan menyebrang dengan kapal kecil menuju De Sartika. Memang untuk menikmati wisata yang unik dan sedang hits ini, Anda harus merogoh dompet cukup dalam. Namun pengalaman dan pemandangan yang ditawarkan tak akan membuat Anda menyesal. Terutama ketika sunset mulai muncul akan jadi momen yang tak terlupakan begitu saja.

Lokasi: Jl. Pluit Karang Ayu 1, RT.20/RW.3, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara.

 

Yes.. Itu lah sederet ulasan lokasi – lokasi wisata di Jakarta yang semoga sesuai mood kamu banget ya.

Tunggu update info terbaru seputaran pariwisata bersama mimin di artikel – artikel berikutnya.