Ragam Tempat Wisata Bandung Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Saat lagi penat-penatnya dengan urusan kerja, wisata Bandung sering jadi tempat pelarian yang paling bisa bikin panasnya hati menguap. Bukan cuma karena suasana yang sejuk dan asri, tapi Kota Kembang juga menawarkan beragam tempat wisata yang terasa wajib dikunjungi.

Berikut ini mimin akan mengulas banyaknya kategori lokasi wisata di Bandung yang terbaru untuk mengisi waktu liburan kamu. Pokoknya sesuai mood banget deh !

Wisata Kekinian : Ada Korea di Bandung

Bicara wisata di Bandung, tidak hanya berhenti di lokasi – lokasi sejuknya saja. Bukan Bandung namanya jika tidak menjadi trendsetter untuk menjadi pusatnya wisata kekinian.

Ada apa aja sih? Yuk simak !

  • Kampung Korea (Little Seoul Bandung)

    kampung-korea
    Kalau belum kesampaian ketemu oppa di Korea Selatan, mampir saja ke Little Seoul Bandung sebagai pemanasan. Lokasinya gak jauh dari Stasiun Bandung dan berjarak sekitar 3-4 kilometer.

    Sesuai judulnya, nuansa Seoul berusaha dihadirkan ke Kota Bandung lewat desain tempatnya yang dibuat semirip mungkin. Selain itu, kamu juga bisa icip-icip aneka kuliner khas Korea Selatan yang super autentik. Jangan lupa dandan ala eonni dan oppa ya kalau ke sana!

    • Forest Walk

      Forest-Walk
      Di tengah kemajuan infrastrukturnya yang sudah sangat modern, Bandung rupanya menjaga baik paru-paru kotanya. Salah satunya diwujudkan dengan tetap asrinya Forest Walk yang ada di kawasan Babakan Siliwangi.

      Area ruang publik hijau ini sudah dilengkapi banyak fasilitas umum hingga pusat oleh-oleh. Gak perlu lagi melarikan diri ke hutan belantara kalau pengin short escape, sekaligus cari suasana yang tenang dan sejuk.

      • Bukit Senyum

       

    • Bukit-Senyum
    • Jangan lupa bahagia ya, Guys. Kalau lupa, coba mendaki ke lereng Gunung Burangrang, Desa Cipada, Cikalongwetan, Bandung Barat, deh. Kamu akan menemukan senyummu kembali di sini.Perjalanannya mungkin bakal sedikit terjal di awal, tapi seperti namanya, senyummu bakal otomatis mengembang begitu sampai di puncak dan menyaksikan keindahan panorama kebun teh dan pohon pinus berjajar rapi.
      • D’Dieuland

    • D-Dieuland
    • Belum kekinian namanya kalau gak update soal wisata-wisata baru di Bandung. Termasuk salah satunya D’Dieuland yang ada di kawasan Punclut, Dago. Destinasi ini statusnya ramah keluarga, jadi tetap seru dikunjungi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.Kamu bisa menjajal berbagai outdoor activity hingga sekadar jalan-jalan sambil selfie. Jangan takut mendadak bokek setelah mampir bareng keluarga besar, karena tiketnya cuma berkisar Rp10-Rp15 ribu aja.

      5 Spot Wisata Bandung Budget Terjangkau

      Wisata atau berlibur memang terkesan mengeluarkan dana lebih di luar dari pengeluaran wajib.

      Hal tersebut memang tidak salah. Oleh karena itu mimin menyarankan untuk tetap menabung dengan jumlah besar maupun kecil agar tidak mengganggu keuangan primer kamu. Dan yang pasti, berlibur itu perlu lho !

      Nah, ditengah perekonomian yang lumayan tidak menentu, mimin ingin berbagi info spot wisata di Bandung terjangkau yang ga bikin kantong jebol.

      Supaya sobat – sobat kesayangan mimin bisa tetap liburan ya.

      • Curug Malela

       

    • Curug-Malela
    • Berlokasi di Desa Cicadas, Gunung Halu, air terjun ini mengalir dalam 5 jalur, menghasilkan pemandangan yang megah dan memikat.Air terjun ini masih satu rangkaian dengan Curug Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dan Pameungpeuk.Tarif: Rp10.000,00
      • Dago Dream Park

       

    • Dago-Dream-Park
    • Mirip dengan The Lodge Maribaya, Dago Dream Park juga menawarkan aneka spot selfie kekinian seperti permadani terbang dan zip bike.Ada juga wahana permainan seru seperti perahu kora dan flying fox. Berkuda dan memanah pun bisa.Tarif: Rp20.000,00.
        • Curug Cimahi

       

    • Curug-Cimahi
    • Curug Cimahi yang juga dikenal dengan nama Curug Pelangi kini semakin cantik dengan hiasan lampu warna-warni yang tersembunyi di balik aliran air. Jadinya seperti pelangi yang mengalir dari tebing.Tarif: Rp15.000,00
      • Glamping Lakeside

       

    • Glamping-Lakeside
    • Satu lagi tempat wisata yang dimiliki Rancabali, yaitu Glamping Lakeside. Berupa resort dengan panorama jelita di tengah hamparan kebun teh.Spot terbaik di sini adalah Pinisi Resto yang berada di tepian Situ Patenggang. Bentuknya mirip dengan perahu raksasa.Tarif: Rp20.000,00 (tiket masuk), Rp10.000,00 (deposit resto)
      • Taman Kelinci Ciwidey

       

    • Taman-Kelinci-Ciwidey
    • Disebut juga Ciwidey Rabbit Park, di taman ini anak-anak bisa bermain dengan aneka spesies kelinci. Anak-anak bisa diajari untuk berinteraksi dengan binatang.Untuk memberi makan kelinci, pengunjung dikenakan biaya Rp5.000,00 untuk mendapatkan tiga batang wortel.Tarif: Rp15.000,00

      Intip Wisata Alam di Ciwidey, Bandung

      Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak 35 km di sebelah selatan Kota Bandung, atau sekitar 15 km dari Soreang, ibukota Kabupaten Bandung. Ciwidey sebelum pemekaran kecamatan Rancabali memiliki wilayah yang cukup luas sampai ke perbatasan Kabupaten Cianjur dan memiliki banyak objek wisata. Setelah dimekarkan, Kecamatan Ciwidey kini berperan sebagai daerah penunjang objek wisata yang berada di kecamatan Rancabali.

      Ciwidey terkenal sebagai kawasan pertanian dan perkebunan dengan tanaman strawberry sebagai icon utamanya. sebagai daerah penunjang objek wisata Bandung Selatan di Ciwidey banyak berdiri hotel, kafe dan rumah makan.

      Berikut ini spot – spot wisata di daerah ciwidey yang wajib dikunjungi :

      • Kawah Putih

       

    • Kawah-Putih
    • Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata Ciwidey yang paling banyak dikunjungi turis. Lokasi ini adalah sebuah danau kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha seribu tahun yang lalu.Dulu, wisata Ciwidey ini dianggap sebagai tempat angker oleh masyarakat setempat sehingga tidak ada yang berani melewatinya.
      • Situ Patenggang

       

    • Situ-Patenggang
    • Destinasi wisata Ciwidey yang berupa danau lainnya adalah Situ Patenggang. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dan perkebunan yang tersebar di sekitar Situ Patenggang.Lokasi yang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut ini juga memiliki sebuah cerita rakyat yang melegenda.Ki Santang dan Dewi Rengganis merupakan dua insan yang saling mencintai namun harus berpisah hingga bertemu kembali di Batu Cinta.Dewi Rengganis meminta Ki Santang untuk membuat danau dan kapal agar mereka bisa berlayar bersama. Kapal tersebut akhirnya berubah menjadi pulau berbentuk hati atau Pulau Asmara.Situ Patenggang terletak di Bandung Selatan, kurang lebih 35 km dari kota Bandung. Pengunjung dapat mencapai tempat tersebut dengan kendaraan umum.Tiketnya relatif murah yaitu Rp. 18.000 di hari biasa dan Rp. 20.500 di akhir pekan per pengunjung dengan biaya tambahan untuk kendaraan. Ada juga beberapa penginapan seperti kamar kecil, mushola, dan tempat bermalam.
      • Pemandian Air Panas Ciwalini

       

    • Pemandian-Air-Panas-Ciwalini
    • Pemandian air panas Ciwalini merupakan wisata Ciwidey yang terletak di kawasan perkebunan teh Walini.Di pemandian air panas Ciwalini anda akan menemukan dua buah kolam air panas dengan fasilitas yang berbeda.Jika anda ingin menggunakan kolam yang lebih baik, sebaiknya menyiapkan uang lebih karena dikenakan biaya tiket tambahan.Pemandian air panas ini berasal dari aliran mata air Gunung Patuha.Selain bersantai di kolam, pengunjung juga bisa menikmati keindahan kebun teh dengan sajian welcome drink berupa teh Walini produksi PT. Perkebunan Nusantara VII.Tempat ini juga menawarkan banyak atraksi seperti ATV, go-kart, flying fox, trampolin, dan motorcross.
      • Perkebunan Stroberi

       

    • Perkebunan-Stroberi
    • Destinasi wisata Ciwidey yang terkenal lainnya adalah perkebunan stroberi.Lokasi ini memiliki beberapa perkebunan strawberi yang terletak di dekat Kawah Putih, Situ Patenggang, Rancabali, Pasir Jambu, dan masih banyak lagi.Untuk menikmati keindahan alam disini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk, tetapi cukup membayar stroberi yang dipetik dari para petani.Harga strawberry berkisar Rp. 35.000 – Rp. 50.000 per kilogram. Para pengunjung juga dapat membawa anak-anak mereka ke perkebunan yang indah untuk mengajari mereka tentang tanaman stroberi dan cara memanennya.Taman Wisata Cimanggu sebenarnya terletak di kawasan Rancabali tetapi dianggap sebagai tujuan wisata di Ciwidey.Destinasi yang bersuhu 17-22 derajat Celcius ini dapat dengan mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum seperti bus. Destinasi tersebut menyediakan lahan parkir yang relatif luas.
      • Bumi Perkemahan Ranca Upas

       

    • Bumi-Perkemahan-Ranca-Upas
    • Di bumi perkemahan Ranca Upas terdapat penangkaran rusa yang dikelola oleh Perhutani. Objek wisata Ciwidey ini juga memiliki beberapa lokasi camping dengan luas area 215 ha.Atraksi lain yang tersedia adalah outbond Tegal Kawani, restoran, kolam pemancingan, dan ATV. Pengelola tempat juga menyediakan tenda yang bisa disewa.Pengunjung juga dapat menggunakan toilet dengan air panas dan dingin. Siapapun yang ingin menikmati alam bukan dengan berkemah maka bisa menyewa villa yang tersedia. Ini memiliki 3 kamar, tungku, dapur, kamar kecil, dan air panas.Harga sewa villa adalah Rp. 800.000 per malam. Pengunjung yang ingin mengunjungi camping ground Ranca Upas dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

      Lokasi Wisata di Bandung Paling Hits

      Menilik ke Provinsi Jawa Barat tentunya kita tidak bisa mengacuhkan ibu kota provinsinya yaitu Bandung. Bandung tidak pernah ‘mati’ dari pembicaraan topik – topik hangat segala sesuatu yang viral, bahkan mendominasi predikat trendsetter dari topik itu sendiri.

      Kuliner? Fashion? Hobby? Wisata? Bandung adalah pusatnya. Betul sekali, ada banyak wisata lain di Indonesia, tapi Bandung menjadi primadona di Jawa Barat karena jaraknya yang tidak jauh dari kota Jabodetabek.

      Selain wisata – wisata yang saat ini sudah banyak kita kunjungi, kali ini mimin mau kasih rekomendasi ‘hidden gems’ lokasi wisata Bandung yang paling hits di kalangan traveller saat ini.

      • Gunung Manglayang

       

    • Gunung-Manglayang
    • Gunung ini cocok buat pendaki pemula, karena tak terlalu tinggi. Pemandangan di puncaknya indah dan relatif sepi. Tetapi harus hati-hati dan menyiapkan stamina, karena tidak ada pos pendakian yang tersedia.
      • Lereng Anteng Panoramic Coffee Place

       

    • Lereng-Anteng-Panoramic-Coffee-Place
    • Ini tempat nongkrong dan ngopi yang lagi hits banget di Bandung. Letaknya di daerah Puncak Ciumbuleuit atau Punclut yang adem.Daerah ini terkenal akan wisata kulinernya. Salah satu yang paling digemari anak muda adalah menikmati secangkir kopi di salah satu tenda atau saung yang menghadap pemandangan kota Bandung.
      • Babakan Siliwangi

       

    • Babakan-Siliwangi
    • Babakan Siliwangi adalah ruang terbuka hijau di jantung kota Bandung. Tempat ini sudah menjadi area sabuk hijau sejak zaman Belanda. Hutan kota ini nggak kalah cantiknya dengan Central Park, New York, lho.
      • Masjid Al-Imtizaj

       

    • Masjid-Al-Imtizaj
    • Di ruas Jalan ABC, Braga ada satu tempat ibadah yang memiliki arsitektur unik. Masjid tetapi mengusung konsep bangunan ala kelenteng Tionghoa. Masjid ini menjadi salah satu bukti akulturasi budaya di tanah Sunda.
      • Situ Cileunca

       

    • Situ-Cileunca
    • Ada apa di Situ Cileunca? Selain danau yang cukup permai, Anda juga bisa menyusuri jembatan cinta di sana.
      • Sunrise Point Cukul

       

    • Sunrise-Point-Cukul
    • Sesuai namanya, Sunrise Point Cukul menawarkan keindahan matahari terbit nan syahdu dipadu dengan pemandangan alam sekitar yang asri.
      • Perkebunan Teh Malabar

       

    • Perkebunan-Teh-Malabar
    • Pemandangan yang ditawarkan di sini nggak cuma terasering kebun teh. Anda juga bisa memulai trekking ke Gunung Nini dari sini.
      • The Lodge Maribaya

       

    • The-Lodge-Maribaya
    • The Lodge Maribaya adalah tempat rekreasi kekinian dengan fasilitas lengkap yang pasti bikin betah kaum muda. Ada sky tree, bamboo sky, outbond, hot air balloon, zip bike, dan gantole yang bisa dicoba.Tempat ini juga menawarkan keindahan alam Bandung yang bisa diresapi dengan menginap di Glamping The Lodge Maribaya.
      • Tafso Barn

       

    • Tafso-Barn
    • Mirip dengan Lereng Anteng, Tafso Barn menyuguhkan konsep kafe tematik dengan pemandangan fotogenik. Tempat wisata kuliner ini terletak di Ciumbuleuit.
      • Curug Bellarosa

       

    • Curug-Bellarosa
    • Air terjun cantik ini terletak di Jalan Maribaya Timur. Bisa dikunjungi selama 24 jam, lho.Bukan sekadar curug yang ditawarkan di sini. Pemandangan hutan pinusnya juga menyejukkan mata.

      Wisata di Lembang Untuk Liburan Seru Bersama Keluarga

      Siapa yang tidak ingin berlibur bersama keluarga? Tentunya liburan akan lebih berkesan dan menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga kan ? Atau minimal dengan kerabat – kerabat dekat yang satu frekuensi dengan kita.

      Mimin kembali akan membahas wisata di Bandung yang bisa menjadi referensi pilihan kamu nih. Berikut ulasan beberapa lokasi wisata yang seru bersama keluarga.

      • Curug Tilu Leuwi Opat

       

    • Curug-Tilu-Leuwi-Opat
    • Curug Tilu Leuwi Opat menjadi salah satu pilihan tempat wisata Lembang yang dapat dikunjungi dan menawarkan pemandangan alam yang mengagumkan. Curug ini berlokasi di Ciwangun Indah Cp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat, dan berbatasan dengan hutan pinus.  Pengunjung bisa datang kapan pun ke tempat ini. Sebab, jam operasionalnya selama 24 jam.
      • Jungle Milk Lembang

       

    • Jungle-Milk-Lembang
    • Pilihan wisata Lembang ini berada pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan menawarkan lokasi berkemah private dengan kuda-kuda yang dilepas di alam bebas.  Selain untuk berkemah, tersedia juga tempat piknik sekaligus paket makanan yang dijual mulai dari Rp 150.000 per orang.  Lokasinya ada di Genteng, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dan buka setiap hari, kecuali hari Senin.
      • Dago Bakery Punclut

       

    • Dago-Bakery-Punclut
    • Restoran ini memiliki spot foto unik, yaitu bangunan ala Eropa berbentuk kastel dengan dominasi warga gelap.  Bagi yang ingin datang ke Dago Bakery Punclut, biaya masuknya mulai dari Rp 20.000 untuk hari biasa dan mulai dari Rp 25.000 per orang untuk hari libur.  Lokasinya terletak di Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
      • Floating Market

       

    • Floating-Market
    • Floating Market bisa menjadi salah satu pilihan wisata Lembang yang menawarkan pengalaman unik. Konsep tempat wisata ini adalah pasar terapung dengan banyak perahu yang menjual berbagai jajanan. Pengunjung yang datang juga bisa menikmati panorama sekitar dengan menaiki perahu. Floating Market dibuka dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB setiap hari, sehingga bisa dikujungi kapan saja.
      • Lembang Wonderland

       

    • Lembang-Wonderland
    • Jika mencari wisata Lembang yang juga seru untuk tempat bermain anak, kamu bisa datang ke Lembang Wonderland.  Alamatnya ada di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.  Harga tiket masuk per orangnya sekitar Rp 35.000 dan gratis bagi anak dengan tinggi di bawah 80 sentimeter (cm).Bagaimana? Sudah dapat referensi sesuai kebutuhan kamu? Tidak perlu menabung terlalu lama seperti akan jalan – jalan ke Eropa, destinasi wisata yang mimin sebutkan tergolong low budget dan memuaskan lho. Ayo, jangan terlalu lama rebahan. Angkat ranselmu, ajak kerabat – kerabat terdekat, dan nikmati wisata – wisata supaya tidak terlalu stress dengan pekerjaan.