Tips Wisata Tanpa Ribet

Selain bersenang – senang dan melepas penat, berwisata tentunya juga harus memenuhi standar persiapan yang tidak asal – asal. Kali ini mimin ingin membagikan beberapa tips wisata yang ga ribet dengan beberapa pembahasan yang berbeda.

Tips Wisata di Era New Normal

Wisata-di-Era-New-Normal

Saat ini sebagian besar masyarat dunia mulai menerapkan aturan new normal atau kebiasaan baru untuk menghadapai tantangan kesehatan global usai serangan pandemi covid-19 beberapa tahun terakhir. Lalu bagaimana cara kita berwisata tanpa harus cemas berlebihan?

Yuk kita bahas beberapa tips wisata yang sederhana di era new normal.

Kurangi Transportasi Umum

Penggunaan transportasi umum memang tak bisa dihindari, namun sebaiknya kurangi penggunaan transportasi umum sebisa mungkin.

Menyewa kendaraan atau berkendara bersama orang yang satu rumah bisa jadi jalan keluarnya.

Saat naik kendaraan sewa atau naik kendaraan umum jangan lupa untuk mengenakan masker, membawa hand sanitizer, dan tak menyentuh permukaan kendaraan.

Serba Online

Unduh aplikasi transportasi atau gunakan pembayaran non-tunai untuk menghindari interaksi, contohnya saat hendak check-in pesawat atau naik kereta bandara.

Bersih-Bersih

Bawa hand sanitizer dengan alkohol minimal 60 persen dan tisu di dalam tas, sehingga bisa langsung melakukan bersih-bersih saat harus duduk atau menyentuh permukaan suatu tempat, misalnya bangku pesawat atau lift hotel.

Bawa Makanan Dan Minuman

Banyak maskapai penerbangan yang tak lagi menyediakan makanan untuk menghindari interaksi yang mengundang penularan virus.

Bagi yang punya banyak waktu, bisa membawa makanan dan minuman dari rumah. Namun bagi yang tak punya banyak waktu, bisa membelinya di tempat makan menuju bandara.

Duduk Dekat Jendela

Alat transportasi banyak yang mengosongkan bangku tengah demi jarak sosial. Pilih tempat duduk dekat jendela saat naik pesawat dan jangan keluar masuk area bangku jika tak perlu, misalnya batasi hanya untuk ke toilet.

Duduk di pojok dirasa bisa mengurangi pemaparan dari virus penyakit dibanding mereka yang memilih duduk dekat lorong.

Beli Asuransi Perjalanan

Sebelum pandemi virus corona, banyak yang membeli asuransi perjalanan hanya untuk wisata ke luar negeri. Sebaiknya bekali diri dengan asuransi perjalanan juga saat wisata di dalam negeri.

Ada banyak asuransi perjalanan yang juga menyertakan diagnosis virus corona, sehingga membuat perjalanan bakal lebih tenang.

Jangan lupa bertanya ke agen asuransi soal manfaat dan kegunaannya sebelum membeli.

Tiket Refund

Hindari membeli tiket perjalanan, tiket masuk tempat wisata, atau tempat penginapan tanpa layanan gratis pembatalan atau pengembalian dana (refund).

Walau harganya lebih mahal dari yang biasa, namun layanan ini berguna saat digunakan kala berwisata di tengah situasi genting, seperti pandemi atau bencana alam.

Ketahui juga hak dan kewajiban konsumen, sehingga tak buang waktu dan energi saat mengeluh tak mendapat pengembalian dana utuh.

Cari Informasi

Sebelum memesan paket perjalanan wisata, cari informasi sebanyak mungkin mengenai kondisi destinasi yang dituju.

Hingga saat ini banyak negara yang menerapkan travel bubble, atau izin bepergian hanya untuk negara tetangga, seperti Eropa.

Beberapa destinasi wisata di Indonesia juga masih masuk zona merah karena tingginya kasus COVID-19.

Carilah informasi melalui sumber yang resmi dan jangan mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial.

Tips Wisata ke Bromo

Bromo merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang sejak dulu berfungsi sebagai gunung wisata. Tidak seperti gunung lain di sekitarnya seperti Gunung Semeru ataupun Gunung Arjuno, Gunung Bromo bisa diakses oleh wisatawan dengan cukup mudah. Bahkan wisatawan cenderung tidak membutuhkan pendakian yang menguras tenaga.

Jika kamu ingin berwisata ke Bromo, ada baiknya mengikuti tips wisata ke Bromo berikut ini agar perjalanan menjadi semakin menyenangkan.

Hindari Liburan Panjang

Bromo merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat ramai dikunjungi, terutama saat liburan. Jika kamu ingin berwisata secara privat atau tidak suka wisata yang banyak wisatawannya, lebih baik jangan datang ke Bromo saat musim liburan. Sebaiknya datang ke Bromo ketika sedang sepi agar lebih leluasa menikmati suasana.

Rencanakan Cara Berlibur

Tentukan apakah kamu ingin backpacker atau ingin berwisata secara eksklusif. Berwisata ala backpacker ke Bromo sangat mungkin bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan berkemah (tidak memesan penginapan). Atau bisa juga menekan harga dengan cara lainnya.

Siapkan Jadwal Kunjungan

Banyak objek wisata di Bromo, diantaranya pasir berbisik, kawah bromo, pura, penanjakan, sunrise view point, dan juga bukit teletubbies. Siapkan jadwal kunjungan agar perjalanan bisa menjadi lebih lengkap dan lancar.

Pesan Penginapan Secepatnya

Jika terpaksa berlibur saat musim liburan dan ingin menginap di sekitar Bromo, lebih baik mencari penginapan dari jauh-jauh hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kehabisan penginapan.

Pilih Rute Yang Sesuai

Rute menuju Bromo juga sangat banyak. Bromo bisa diakses dari Malang, Pobolinggo, atau Lumajang. Sesuaikan rute dengan tempat tinggalmu, atau pilihlah rute menuju Bromo yang paling kamu inginkan.

Bawa Perlengkapan Lengkap

Karena suhu dan kondisi alam di Bromo berbeda dengan kondisi alam di perkotaan, maka siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Pakai baju hangat. Sebisa mungkin pakai pakaian untuk ke gunung. Jangan sampai kamu terkena hipotemia di gunung Bromo.

Siapkan Kamera Terbaik

Kamera merupakan salah satu benda digital yang akan sangat membantu kegiatan wisata kamu. Siapkan kamera terbaik kamu dan sesuaikan dengan tujuanmu. Jika wisatawan adalah fotografer, maka bawa perlengkapan kamera yang sesuai. Namun, wisatawan biasa juga bisa membawa kamera jenis lain.

Datang Saat Upacara Adat

Bromo dihuni oleh masyarakat suku Tengger yang mana mereka masih sering melakukan ritual adat. Di Bromo, pada tanggal-tanggal tertentu ada upacara adat yang menarik untuk dilihat. Jika tertarik, datang saja pada saat upacara adat. Hal itu akan memberikan kesan wisata yang berbeda.

Objek Wisata Sekitar Bromo

Tips Wisata ke Bromo, Bromo berada dalam lingkup Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tentu saja dalam kawasan TNBTS ada banyak sekali objek wisata yang bisa didatangi sekaligus ketika akan atau setelah berkunjung ke Bromo. Di TNBTS ada beberapa air terjun (Coban Pelangi, Coban Trisula, atau air terjun Madakaripura), candi, bukit (Puncak B29), dan danau (Ranu Klakah, Ranu Pani, Ranu Regulo, dan sebagainya). Jika kamu memiliki waktu yang panjang untuk berlibur, ada baiknya berkunjung ke sana juga.

Cek Status Gunung

Gunung Bromo merupakan gunung api aktif, sehingga ada baiknya wisatawan selalu mengecek status gunung tersebut. Jangan datang pada saat status gunung meningkat, karena akan membahayakan wisatawan. Biasanya status gunung bisa dicek dari informasi seputar TNBTS.

Naik Kuda

Untuk mendaki ke kawah Bromo, dari Pura Poten wisatawan bisa naik kuda dengan membayar sejumlah uang. Jika kamu memang tidak terlalu suka mendaki atau tidak kuat mendaki, ada baiknya naik kuda saja untuk menghemat waktu. Namun jika kamu kuat, silakan berjalan kaki.

Bawa Bekal Makanan

Bromo merupakan objek wisata alam yang sangat alami. Jarang ada penjual makanan di Bromo. Biasanya penjual hanya menjual souvenir atau oleh-oleh. Oleh karena itu, ada baiknya wisatawan membawa sendiri bekal makanan dari rumah. Terutama untuk wisatawan yang berkemah. Bawa perlengkapan masak juga agar makanan bisa dimasak atau dihangatkan.

Bawa Minuman Cukup

Saat mendaki ke kawah Bromo, bawa minuman yang cukup, karena perjalanan akan menghabiskan cukup tenaga. Walau wisatawan bisa naik kuda, namun kuda hanya mengantar sampai batas anak tangga menuju kawah Bromo. Lalu wisatawan harus mendaki sendiri ke puncak kawah Bromo. Oleh karena itu, bawa minuman yang cukup di dalam tas atau ranselmu agar tidak kehausan.

Bawa Masker Atau Buff

Bromo yang masih aktif kadang-kadang menyemburkan bau busuk belerang yang menyengat. Bau belerang ini biasanya akan menyesakkan dada. Ada baiknya bawalah masker atau buff. Fungsinya juga bisa untuk menyaring debu atau pasir yang berterbangan. Apalagi jika kamu berkunjung saat musim kemarau.

Sebaiknya Memakai Sunblock

Sunblock akan sangat berguna untuk melindungi kulit, terutama wajah, dari paparan sinar matahari. Suhu gunung yang dingin kadang mengecoh banyak orang, sehingga mereka mengira bahwa beraktifitas di bawah matahari tidak akan bermasalah. Padahal, sinar matahari tetap saja akan membakar kulit. Jangan sampai kulit menjadi iritasi karena tidak dilindungi selama berwisata ke Bromo.

Bawa Baju Ganti

Walau jika kamu tidak berniat untuk menginap, ada baiknya membawa baju ganti untuk berjaga-jaga. Apalagi jika kamu ingin berkunjung juga ke air terjun di sekitar Bromo. Tentu baju ganti akan memungkinkan kamu main air di objek wisata tersebut.

Siapkan Uang Tunai

Di Bromo sudah pasti tidak ada ATM. Transaksi di Bromo pun sudah pasti dilakukan dengan uang tunai. Jangan lupa untuk selalu membawa uang tunai saat berwisata ke alam terbuka seperti gunung Bromo.

Pakai Jasa Tourguide

Jika kamu tidak terlalu mengenal kawasan Jawa Timur, termasuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, lebih baik menyewa jasa tourguide atau mengikuti propgram dari agen perjalanan yang sudah berpengalaman. Agen perjalanan akan sangat membantu agar wisata bisa dilakukan dengan aman, efektif, dan efisien. Daripada kamu mencoba berwisata sendiri namun menghabiskan lebih banyak biaya, lebih baik menyewa tourguide saja.

Jangan Menawar Harga Jeep

Harga jeep di Bromo Tengger Semeru sudah memiliki acuan yang pasti karena mereka sudah berada pada naungan paguyuban jeep di TNBTS. Sudah bisa dipastikan bahwa harga jeep di kawasan tersebut sama rata. Semua jeep memiliki harga yang sama, dan tidak akan ada yang memberikan harga lebih mahal dari yang lain. Jadi, percuma menawar harga jeep saat berwisata ke Bromo. Jika kamu ingin naik jeep, jangan menawar harga jeep.

Pulang Dengan Rute Berbeda

Untuk mendapatkan sebuah kesan perjalanan yang lebih berbeda, ada baiknya kamu mengambil rute yang berbeda saat pergi dan pulang. Jika kamu pergi melewati rute Probolinggo, cobalah pulang melewati rute Malang. Dengan rute yang berbeda, pemandangan yang akan didapatkan juga akan berbeda. Rute Pobolinggo menawarkan perjalanan melewati perbukitan dengan jalan aspal yang berkelok-kelok. Sedangkan rute Malang menawarkan pemandangan yang lebih alami. Bahkan dari rute Malang bisa dilihat bukit teletubbies dari ketinggian.

Tips Liburan Keluarga Hemat Dan Menyenangkan

Libur panjang sebentar lagi tiba, pastinya anda dan keluarga sudah asik membahas rencana liburan yang menyenangkan.

Berlibur tidak hanya harus menyenangkan, tapi juga harus sesuai dengan beberapa aspek penting lainnya. Seperti jangkauan biaya, ketegori usia, hingga tingkat resiko penyebaran virus berbahaya yang masih menghantui masyarakat dunia saat ini seperti virus covid-19.

Beberapa poin ini penting untuk dicatat dalam daftar rencana liburan anda.

Menentukan Tema Wisata

Tips liburan hemat yang pertama adalah menentukan tema wisata. Tipe liburan seperti apa yang Anda inginkan bersama keluarga? Apakah bertema pantai, gunung, danau, kota?

Tujuan menentukan tema liburan adalah agar anda dapat menyeleksi alternatif lokasi yang hendak dituju.

Survey Lokasi Wisata

Setelah menentukan tema wisata, survey lokasi sebelum melakukan perjalanan menjadi tips liburan hemat bersama keluarga yang kedua. Dengan melakukan survey lokasi, maka Anda akan bisa mengira-ngira pengeluaran yang perlu disiapkan.

Mulai dari harga tiket masuk, waktu libur yang Anda miliki, dan jarak tempuh menuju lokasi tersebut. Pilihlah beberapa alternatif tempat bermalam jika anda berencana berlibur dalam waktu yang panjang. Namun, jangan memaksakan jika waktunya tidak cukup ya.

Survey Penginapan Di Sekitar Lokasi

Tips liburan hemat yang selanjutnya adalah melakukan survey penginapan. Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan selama beberapa hari, tentunya anda sekeluarga akan butuh penginapan. Tempat penginapan yang nyaman bisa membuat liburan semakin seru.

Saat ini telah tersedia banyak aplikasi yang bisa digunakan secara gratis untuk menggali informasi tentang penginapan, baik di Indonesia maupun di luar negeri. anda bisa mengunduh aplikasinya melalui smartphone ataupun mengeceknya langsung lewat google.

Tips yang dapat anda ikuti adalah memilih penginapan murah, tidak terlalu jauh, tetapi pastikan tetap nyaman dan aman.

Sebagai bahan pertimbangan, biasanya orang akan mencari penginapan yang memiliki kolam renang, wifi, tempat tidur king size, dekat dengan lokasi wisata, dan mendapatkan sarapan pagi di hotel.

Jika anda merasa harga hotel kurang ekonomis, maka Anda bisa menjadikan homestay sebagai alternatif. Tak sedikit homestay yang menyediakan fasilitas menyerupai hotel. Bagaimana, sudah tak sabar ingin liburan, anda?

Booking Penginapan Di Jauh-Jauh Hari

Jika Anda ingin mendapatkan harga penginapan yang murah, tipsnya adalah melakukan booking hotel dari jauh hari.

Anda bisa mulai memesan kamar dalam rentang waktu 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan 1 tahun. Umumnya, semakin lama waktu booking dari hari H, semakin murah pula harga yang diperoleh

meskipun dengan fasilitas yang sama. Tips liburan hemat satu ini jangan sampai terlewat, ya!

Membuat Budget Plan

Membuat budget plan sangat direkomendasikan sebagai tips wisata hemat bersama keluarga. Hal ini ditujukan dalam rangka meminimalisir pengeluaran dan menyesuaikan dengan tabungan yang Anda alokasikan untuk liburan.

Dalam membuat budget plan, ada beberapa hal yang perlu Anda garis bawahi, meliputi:

  • Biaya wisata (ada harga tiket masuk atau tidak)
  • Biaya transportasi (road trip atau menggunakan transportasi umum)
  • Biaya akomodasi atau penginapan
  • Biaya makan
  • Biaya lain-lain (seperti souvenir, jajan, dan lain-lain)
  • Biaya tak terduga

Mencari Promo

Promo adalah kunci liburan hemat! Rajin-rajinlah hunting situs tiket perjalanan dan akomodasi. Tak jarang orang berhasil mendapatkan promo tiket pesawat dengan diskon 50%.
Selain itu, terdapat juga agen yang menawarkan cashback hingga ratusan ribu. Sangat bermanfaat bukan tips wisata hemat berikut?

Mencicil Persiapan Perjalanan

Tips wisata hemat lainnya adalah mencicil segala persiapan. Setelah budget plan dan hal-hal lainnya selesai ditentukan, maka yang harus anda lakukan adalah mencicilnya satu persatu.

Mulailah dengan memesan tiket pesawat atau kereta. Lalu, pada bulan depannya, booking penginapan hingga terbelinya tiket hiburan.

Persiapkan Barang Pendukung

Tips wisata hemat selanjutnya adalah mempersiapkan barang-barang yang sekiranya dibutuhkan selama liburan. Hal berikut penting untuk meminimalisir pembelian barang-barang di lokasi wisata.

Nah, jika Anda bersama si kecil, jangan lupa membawa segala keperluannya juga ya, anda. Misalnya tempat makan, botol minum, stroller, dan lain sebagainya.

Membawa Bekal

Bagi anda yang liburan di dekat rumah, tips wisata hemat selanjutnya adalah membawa bekal dari rumah. Selain itu, bekal yang dimasak sendiri juga telah terjamin nutrisinya.

Membeli Oleh-Oleh Secukupnya

Tips wisata hemat yang terakhir adalah membeli oleh-oleh secukupnya. Belum liburan namanya kalau belum membeli oleh-oleh dari daerah tersebut, bukan begitu anda?

Oleh-oleh bisa diperuntukkan untuk saudara atau sekedar untuk koleksi pribadi. Buah tangan tersebut bisa berupa makanan khas atau kerajinan tangan dari lokasi wisata.

Namun, pastikan Anda membelanjakan oleh-oleh sesuai dengan budget plan yang sudah dibuat agar pengeluaran anda tidak jebol. Sebab, tak jarang terjadi di mana pengeluaran terbanyaknya jatuh pada shopping atau membeli oleh-oleh. anda tak ingin hal ini terjadi, kan?